Keindahan Lukisan Alam saat Matahari Terbenam Di Pantai Ampenan


0
Source: wartamataram.com

Berbicara tentang wisata alam, maka kita tidak akan bisa terlepas dari yang namanya bukit, sawah dan pantai, dan kita patut bersyukur karena Pulau Lombok memiliki itu semua. Sebagai Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kota Mataram tidak melulu menyuguhkan kehidupan ala metropolitan dan pusat bisnis maupun administrasi, tetapi juga menyuguhkan keindahan alami.

Salah satu keindahan yang dapat kita saksiskan bersama ada di ujung sebelah Barat pulau Lombok. Sebuah wilayah yang memiliki unsur historis yang kental, hingga saat ini pun daerah tersebut masih dijuluki sebagai Kota Tua Ampenan. Bagaimana tidak, sebagian besar bangunan yang ada di daerah tersebut bernuansa zaman dahulu saat Belanda masih menduduki Indonesia. Namun saat ini kita sedang tidak mendalami sejarah, melainkan keindahan yang disuguhkan oleh Kota Tua Ampenan.

Salah satu destinasi wisata di Kota Mataram adalah Pantai Ampenan. Kurang lengkap rasanya apabila kita menghabiskan waktu di pantai tanpa menikmati suasana senja sambil memperhatikan matahari yang berangsur-angsur tenggelam diselingi dengan seruputan kopi panas ala kampung. Di Pantai Ampenan lah tempatnya kalian bisa menikmati itu semua dalam satu waktu.

Pantai Ampenan memiliki berbagai fasilitas yang bisa dikatakan lengkap sebagai destinasi wisata. Bagi Umat Muslim yang tiba saatnya untuk Sholat dapat menuju Mushola yang terletak di sebelah Selatan Parkir Utama, sehingga siapapun dapat tetap menikmati keindahan senja tanpa harus takut kelewatan waktu Maghrib.

Bagi yang ingin buang hajat, Pemerintah Kota Mataram telah menyediakan fasilitas berupa toilet dengan air yang memadai, bagi para pengunjung yang membawa kendaraan bermotor, dapat memarkirkan kendaraannya di tempat yang telah disediakan tanpa perlu khawatir soal keamanan karena tempat parkir dikelola serta dijaga oleh penduduk lokal. Selain itu, bagi yang memang sengaja ingin menikmati kuliner khas sambil nongkrong di pinggir pantai, maka Pantai Ampenan lah tempatnya. Kalian bisa memesan berbagai macam makanan khas, mulai dari seafood, pelecing kangkung, lontong, ikan bakar, sate dan masih banyak lainnya.

Pantai Ampenan dulunya adalah sebuah pelabuhan terbesar di Pulau Lombok. Di sinilah pusat bisnis bagi orang-orang Lombok zaman dahulu sebelum akhirnya pada tahun 1970 pelabuhan tersebut ditutup dan dipindah ke Lembar, Kabupaten Lombok Barat karena gelombang yang tinggi di Selat Lombok sehingga membuat kesulitan kapal-kapal yang mau bersandar.


Like it? Share with your friends!

0
admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format